Sabtu, 01 Juni 2019

Pengertian Pola-Pola Hereditas

Hallo, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, kenapa ya bentuk muka mu mirip sama ibu mu. atau, kok bisa sih dalam satu keluarga hanya kamu yang hidungnya mancung mirip ibumu. hmm, kamu tau nggak kalau ternyata, seemua ada kaitannya dengan materi pewarisan sifat yang membawa materi gen yang diwariskan dari induk kepada keturunannya. nah, hal ini lah yang menyebabkan kita mirip dengan ibu kita. dari pewarisan sifat dari orang tua kepada anak-anaknya ini lah yang disebut dengan hereditas
Pada proses terjadinya pewarisan sifat, terdapat bentuk-bentuk atau pola-pola dalam mewariskannya yang biasa dikenal dengan pola-pola hereditas.


tumbuhan. Pada hewan pun juga dapat dijumpai variasi sifat. Sebagai contoh, anak kucing dapat memiliki variasi warna rambut meskipun induknya sama. Pada tumbuhan juga dapat ditemukan variasi dengan mudah. Misalnya, tumbuhan yang sejenis ada yangberbatang pendek dan tinggi. Ada yang berdaun kecil ada yang berdaun besar. Daripernyataan diatas, prinsip genetika apakah yang dapat dijelaskan mekanismepemindahan sifat dari induk kepada keturunanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar